Gua Batu: Semua hal tinggi di Kuala Lumpur, Malaysia

puluhan monyet kera mengantar pengunjung menaiki tangga 272 langkah ke gua kuil. Sebenarnya, mengatakan bahwa mereka “mengantarkan” akan menawan. Tidak hanya beberapa dari mereka mengikuti pengunjung di sekitar, beberapa juga menemukan diri mereka di salah satu ujung mini ketika mereka mulai mendapatkan teritorial atau ketika mereka hanya mencoba merebut makanan dari wisatawan yang tidak curiga.

Itu adalah hari terakhir perjalanan kami selama seminggu melintasi pantai barat Semenanjung Malaysia dan tidak ada cara yang lebih baik untuk mengakhiri perjalanan ini selain berhenti di salah satu situs yang paling banyak check out di Kuala Lumpur-gua Batu. Bukit Karst berusia 4 juta tahun, ini adalah jaringan gua dan kamar. Ada tiga gua besar tetapi yang terbesar adalah gua katedral atau gua kuil, yang disebut langit -langitnya yang tinggi dan sejumlah kuil Hindu yang ditampungnya. Terletak 13 km di utara ibukota Malaysia, Gua Batu sebenarnya di Gombak, Selangor. Dinamai setelah sungai terdekat Sungai Batu.

Sementara situs telah lama diketahui oleh pemukim Cina di daerah itu, baru pada tahun 1878 mendapat perhatian di seluruh dunia ketika otoritas kolonial mencatatnya. Di tahun -tahun mendatang, situs tersebut akan dikonversi menjadi tempat ibadah untuk Hinduisme.

Apa yang tercakup dalam panduan ini?

Semua hal tinggi dan tinggi
Situs Konservasi Gua Gelap
Beberapa tips

Lebih banyak ide di YouTube ⬇️⬇️⬇️Felated Posts:

Semua hal tinggi dan tinggi

Patung Hanuman setinggi 50 kaki, seorang dewa yang merupakan “penyembah yang bersemangat” dari Avatar Rama, berdiri ideal di samping stasiun kereta terdekat. Di belakangnya ada sebuah kuil yang didedikasikan untuknya dan di sekitar daerah itu adalah Gua Ramayana.

Patung Hanuman
Tetapi bahkan patung Hanuman dikerdilkan oleh struktur yang jauh lebih tinggi, jauh lebih memerintah yang berdiri di depan gua -gua – patung Murugan, dewa penting terutama bagi umat Hindu Tamil. Pada 42,7 meter, ini adalah yang tertinggi di dunia. Patung mengkilap menara di dasar tangga yang mengarah ke mulut gua kuil. Sekitar 24 juta rupee dihabiskan untuk membangun dan mendirikan patung yang dicat emas yang sangat besar ini.

Gua Batu, Malaysia
Kami tiba sekitar jam 1 siang. Matahari mencoba menggoreng semuanya di bawahnya. Trotoar yang terik juga tidak membantu. Itu adalah hari yang panas dan panas, tetapi kami masih tidak bisa tidak berhenti dan mengambil gambar dari setiap struktur di daerah tersebut. Ketika kami akhirnya mencapai pintu masuk ke gua kuil, kami disambut oleh sekawanan burung (merpati atau merpati?) Yang baru saja terbang di sekitar situs. Tetapi bahkan jumlah sahabat unggas ini sama sekali tidak sama penangkapannya dengan patung Murugan. Tidak mungkin diabaikan. Di bawah panasnya matahari yang menyiksa, kami menghabiskan banyak waktu hanya berdiri di depan struktur mengambil foto dengan cara apa pun yang mungkin.

Tebing berbentuk hati. Lihat di jalan ke atas.

Ketika kami akhirnya berbau kulit yang terbakar, kami membuat keputusan untuk berjalan ke gua kuil. Tangga 272 langkah bisa sangat mengecewakan terutama pada tampilan pertama. Itu terlihat curam dan memusingkan. Bahkan kera berekor panjang yang tersebar di sekitar area juga bisa mengintimidasi. Tapi rasa malu pada saya jika saya mundur karena ada begitu banyak pria dan wanita tua, dan anak -anak yang memanjat bersama kami

Saya berharap pendakian itu melelahkan. Dan itu melelahkan, baik -baik saja. Tapi itu tidak seburuk itu. Sebenarnya, itu tidak buruk sama sekali. Lebih dari beberapa kali, saya berhenti dan berbalik untuk mengagumi pemandangan dari tangga, dan itu tidak mengecewakan.

Situs Konservasi Gua Gelap

Sebelum mencapai gua kuil, kami mengamati jejak lain yang berasal dari kiri dari tangga. Ini mengarah pada apa yang disebut Gua Gelap, sebuah situs konservasi yang, menurut situs webnya, terdiri dari “2 km yang disurvei dengan 7 bagian utama,” yang menampung sejumlah besar flora dan fauna yang dapat ditemukan di tempat lain. Lebih banyak formasi batu juga dapat dikagumi di dalam. Saya yakin mereka menakjubkan tetapi saya tidak bisa memastikan karena kami tidak bisa memasuki gua. Biaya masuknya adalah RM35 untuk orang dewasa dan RM28 untuk anak -anak, yang menurut saya terlalu curam. Saya tahu itu mungkin sepadan tetapi kami hanya tidak punya cukup uang pada saat itu karena itu adalah perhentian terakhir kami.

Gua Kuil

Ini benar -benar salah satu kamar gua terbesar yang pernah saya lihat sejauh ini. Ada banyak ruang untuk udara yang menakjubkan untuk dilalui, menyapu semua lengket dan keringat yang saya rasakan sebelumnya. Benar -benar ada perubahan suhu yang tiba -tiba saat melangkah ke gua. Langit-langit berkubah tinggi memang mengingatkan saya pada sebuah katedral, tetapi saya kira mengingat bahwa itu adalah situs Hindu, “Gua Kuil” adalah nama yang jauh lebih tepat.

Atas satu kuil hiasan di dalam gua kuil
Toko suvenir adalah orang pertama yang menyambut kami, tetapi kami baru saja melewati mereka karena kami benar -benar tidak memiliki lebih banyak uang tunai dengan kami. Kami segera melanjutkan ke kuil canggih yang menghiasi dinding kamar. Tanah di dalam benar -benar beraspal, yang entah bagaimana membuatkuSedih sedikit karena saya mengharapkan pengalaman yang lebih “alami”. Sebagian besar tempat itu menyala secara artifisial, kecuali ruang yang lebih kecil di ujung jauh, yang memandikan sinar matahari yang bocor ke gua dari lubang di atas. Kuil lebih banyak hiasan dapat ditemukan di sini. Sayangnya, ada juga beberapa grafiti yang jelas di dinding gua.

Di dalam Gua Kuil
Coretan
Di ujung gua kuil
Beberapa tips

Jika Anda segera memeriksa gua Batu, berikut adalah beberapa ide yang mungkin ingin Anda pertimbangkan untuk memiliki pengalaman yang jauh lebih memuaskan:

Bawalah sebotol air. Ini sangat melelahkan, terutama pendakiannya. Ada banyak toko di depan gua yang menjual jus kelapa dan es krim jika Anda tertarik. Kami mencobanya dan itu adalah suguhan yang menyegarkan mengingat itu benar -benar panas dan cerah selama kunjungan kami.

Ikuti tur Gua Gelap. Saya tahu ini cukup mahal tetapi saya telah membaca banyak ulasan hangat tentang hal itu. Jika saya punya uang saat itu, saya akan mengambilnya.

Bawa kacamata pelindung. Saya mengakhiri check out saya dengan mata tegang karena saya harus mengambil foto di bawah sinar matahari dan saya terus mencari subjek saya sebagian besar tinggi. Perubahan kecerahan yang tiba -tiba saat Anda keluar dari gua juga perlu terbiasa.

Jangan memberi makan monyet. Jika Anda melakukannya, Anda berkontribusi lebih banyak pada modifikasi perilaku mereka, yang banyak dari waktu bumerang bagi wisatawan. Bukan hal yang aneh melihat beberapa dari mereka menjadi nakal dan mencoba merenggut makanan dari pengunjung yang tidak curiga. Kami bertemu wisatawan lain yang memberi monyet es loli tetapi kemudian yang lain mulai mengikutinya ke mana pun ia pergi. Awalnya dia terhibur tetapi dia sedikit cemas saat dia naik.

Monyet kera berekor panjang bermain-main di tangga
Siluet tokoh dewa di pintu masuk Gua Temple
Itu aku. Ha ha.
Sebelum saya menuruni tangga, saya berhenti dan membiarkan mata saya berkeliaran di sekitar lanskap di sekitarnya. Gua Batu adalah perhentian terakhir dari perjalanan selama seminggu di sekitar Malaysia Barat. Pertama kali saya mendengar tentang tempat ini adalah ketika ditampilkan pada balapan fantastis All Stars beberapa tahun yang lalu dan itu adalah tebing batu kapur yang mengesankan yang pertama kali terdaftar di ingatan saya. Saya tidak pernah menginjakkan kaki di negara lain pada saat itu dan saya berjanji pada diri sendiri bahwa suatu hari nanti saya akan memeriksa tempat ini. Ketika saya mulai mengambil langkah pertama saya, saya membiarkan hati saya tenggelam dalam kesadaran bahwa saya perlahan -lahan mewujudkan impian saya. Lambat dengan menyakitkan, ya, hampir glasial tetapi masih bergerak maju.

Gua Batu
Jam buka: Harian-6 pagi-9 malam
Biaya masuk: tidak ada

Gua Gelap
Jam buka: Selasa hingga Jumat, 10 pagi-4 sore; Sabtu dan Minggu, 10:30 pagi-4:30 malam
Biaya masuk: RM 35 (dewasa), RM 28 (anak)

Cara menuju ke sana: Dari pusat kota Kuala Lumpur, naik kereta komuter KTM ke Stasiun Gua Batu (RM2). Situs itu hanya berjalan kaki singkat dari sini.

Lebih banyak ide di youtube ⬇️⬇️⬇️

Posting terkait:

Kuil Hou di Kuala Lumpur, Malaysia

Paket Airphil Express ‘Fly and Sail Adventour (tarif dan rencana perjalanan) | Singapura – Kuala Lumpur Cruise